Mungkin bagi beberapa orang melamar sebuah pekerjaan pada tahap awal bisa dibilang tidak terlalu sulit. Ketika Anda telah memenuhi semua syarat yang diajukan dan melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan, maka selesailah surat lamaran pekerjaan Anda. Yang menjadi sedikit mencemaskan sekaligus menantang adalah saat Anda melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu wawancara kerja. Proses wawancara tersebut sangatlah penting sebab dalam tahap ini Anda akan memberikan kesan pertama apakah cocok untuk bekerja di perusahaan impian Anda atau tidak. Jika ingin diterima dengan mudah, ada beberapa tips wawancara kerja yang tidak ada salahnya Anda ikuti selain skill yang memang telah dimiliki.

Terapkan 5 Tips Berikut untuk Membantu Kesuksesan Wawancara Kerja Anda

  • Melakukan persiapan

Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan fisik dan mental Anda dengan baik sebelum hadir dalam wawancara kerja. Jagalah kesehatan sehingga Anda bisa melakukan wawancara dengan maksimal saat waktunya tiba. Kondisi yang prima menunjang penampilan Anda saat wawancara. Persiapan mental juga sangat diperlukan. Jagalah emosi Anda agar bisa mengurangi perasaan gugup saat wawancara. Persiapkan diri Anda untuk pertanyaan-pertanyaan yang tidak terduga. Jangan sampai Anda datang terlambat saat wawancara. Pastikan Anda datang lebih awal agar tidak ada ekspresi terburu-buru. Persiapan penting lainnya adalah tentang pakaian Anda. Kenakanlah pakaian yang sopan dan rapi sesuai pekerjaan yang dilamar. Berpakaian rapi akan memberikan kesan pertama yang baik kepada perusahaan.

  • Perlihatkan sikap percaya diri

Tampil percaya diri sangat dituntut dalam dunia kerja saat ini, terutama untuk pekerjaan yang bersinggungan langsung dengan klien dan banyak orang. Percaya diri merupakan modal besar untuk memasuki pekerjaan impian Anda. Dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, Anda tidak hanya mampu berkomunikasi dengan baik tetapi juga mampu menyelesaikan tugas dengan baik nantinya. Tunjukkan sikap ini saat wawancara agar perusahaan yakin dengan kemampuan Anda. Ketahui kemampuan Anda dan jadilah percaya diri saat menjawab pertanyaan yang diajukan. Namun ingat, jangan sampai rasa percaya diri yang Anda tunjukkan menampilkan kesan arogan pada diri Anda.

  • Menjawab sesuai pertanyaan

Saat wawancara, perhatikan baik-baik apa pertanyaan yang diberikan kepada Anda dan jawablah sesuai yang ditanya. Hindari untuk menjawabnya terlalu bertele-tele karena berpotensi mendapatkan nilai buruk dari perekrut di perusahaan. Menjawab bertele-tele menunjukkan bahwa Anda tidak tegas. Jawablah dengan tegas dengan penjelasan yang sesuai. Namun, ketika Anda diminta untuk menjelaskannya dengan sangat detail, barulah Anda menceritakan atau menjelaskannya sesuai yang diminta.

  • Beri jawaban positif

Jawaban positif sangat diperlukan dalam sebuah wawancara kerja. Hal ini diperlukan misalnya saat Anda ditanya mengenai alasan keluar dari perusahaan yang sebelumnya. Sebisa mungkin jawablah dengan positif yang tidak membuat Anda mendapatkan penilaian negatif dari penguji. Akan tetapi, memberi jawaban yang bersifat positif bukan berarti Anda harus berbohong. Ada baiknya Anda mempelajari beberapa tipe-tipe pertanyaan wawancara kerja sebelumnya.

  • Gaji sesuai standar

Pada saat ada wawancara kerja, biasanya Anda juga akan ditanya tentang gaji yang diharapkan. Untuk hal ini, jawablah sesuai standar perusahaan atau standar dari pemerintah saja. Hindari memberikan jawaban yang muluk-muluk seputar gaji. Lebih baik Anda juga mengetahui berapa nominal UMR di daerah perusahaan Anda atau nominal gaji rata-rata pegawai perusahaan tersebut. Informasi tersebut bisa digunakan apabila Anda diminta untuk menyatakan gaji yang diharapkan dalam angka. Ketahui kemampuan dan pengalaman Anda dalam bidang pekerjaan tersebut sebelum meminta gaji yang lebih tinggi dari standar.

Melakukan sebuah interview atau wawancara kerja bukanlah perkara sembarangan. Bersyukurlah bahwa Anda telah memasuki tahap kedua setelah mengajukan lamaran pekerjaan. Maka dari itu, lakukan persiapan dan wawancara kerja dengan sebaik mungkin. Beberapa tips di atas bisa Anda ikuti untuk membantu kesuksesan interview kerja Anda.