Jodoh, rezeki, maut adalah rahasia Allah SWT dan tak ada satu pun manusia yang mengetahuinya. Namun, untuk urusan jodoh dan rezeki manusia masih bisa menyiasatinya. Contohnya untuk urusan rezeki sendiri, bila seseorang hanya berdiam diri saja tanpa melakukan usaha apa pun, maka Allah pun tidak akan memberikannya. Berbeda dengan seseorang yang giat tekun dan selalu mengandalkan Allah, pasti Sang Pencipta pun akan senantiasa memberkati dan melimpahkan rizikinya.

Tips Memilih Pasangan Hidup Menurut Islam yang Harus Anda Ketahui

Sebagai umat muslim, Anda harus berusaha keras untuk menjemput rezeki yang telah ditentukan Allah. Namun untuk urusan jodoh pula juga harus diperjuangkan sekuat tenaga, contohnya bila Anda tidak pernah bergaul hanya berada di dalam rumah terus, maka jodoh pun tak akan pernah kunjung datang. Kecuali jika Anda telah dijodohkan atau melakukan ta’aruf. Pada artikel ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan untuk memilih pasangan hidup menurut agama Islam. Antara lain sebagai berikut ini.

  1. Pilih yang seiman

Islam melarang umatnya untuk melakukan pernikahan beda agama karena hal itu termasuk dalam zina. Namun, hal tersebut masih menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat Indonesia sendiri. Tak sedikit masyarakat dunia khususnya Indonesia yang melakukan pernikahan beda agama. Memang memisahkan kedua insan yang saling mencintai satu sama lain itu sangat kejam tetapi perbedaan agama bisa menjadi penghalang kedua insan tersebut dalam meraih surga. Untuk lebih amannya, bagi Anda umat muslim jika ingin mencari pasangan hidup, carilah yang seiman. Selain urusan catatan sipilnya tidak akan mengalami kendala, Anda pun juga akan dijauhkan dari hukum agama yang sudah ditentukan bila menikahi seseorang yang berbeda keyakinan.

  1. Pilih yang agamanya bagus

Memilih pasangan hidup itu memang harus benar-benar selektif. Tidak boleh sembarangan karena nantinya jodoh Anda akan membawa kebaikan untuk diri Anda dan keluarga baik itu di dunia maupun akhirat. Bila ingin mencari suami atau istri, carilah yang agamanya bagus, agama bagus diartikan sebagai umat yang imannya kuat. Contoh, bila mencari suami maka carilah yang sholatnya rajin, akhlaknya baik dan penuh kasih sayang. Nantinya lelaki seperti itu akan membawa Anda menjadi istri yang sholehah. Kemudian untuk mencari istri, carilah yang bicaranya santun, sholatnya rajin dan berbakti kepada suami maupun orang tua. Istri yang seperti itu akan membawa berkat di dalam keluarga.

  1. Kecantikan/ketampanan

Tidak bisa dipungkiri lagi memang faktor kecantikan atau ketampanan memiliki andil besar dalam suatu hubungan. Di dalam Islam sendiri hal ini sebenarnya tidak diwajibkan tetapi alangkah baiknya jika jodoh Anda berwajah tampan dan cantik. Bila seorang istri berwajah cantik, maka akan menyenangkan suami dan begitu pun sebaliknya sehingga hubungan semakin mesra dan terhindar dari perselingkuhan. Namun bagi Islam sendiri, kecantikan seorang istri hanya boleh dilihat oleh suami saja, maka tak heran bila seseorang yang memiliki agama Islam kuat, wanita yang sudah bersuami akan memakai cadar.

Ketiga tips di atas untuk menganjurkan seseorang dalam mencari pasangan hidup yang tepat. Islam sebenarnya tidak memandang bebet, bibit, bobot tetapi yang menjadi prioritas utamanya adalah akhlaknya. Bila seseorang memiliki akhlak baik, tentu nantinya anak keturunannya juga akan baik karena dididik dengan baik pula. Jadi, untuk bisa bertemu dengan jodoh maka pertama perbaiki dulu akhlak Anda dan perkuat iman supaya tidak mudah tergoda dengan hal-hal buruk.