Nama adalah doa dan memberikan nama yang baik untuk anak-anak itu sangat dianjurkan sekali. Menamai anak yang baru lahir itu sudah menjadi kewajiban orang tuanya dan bagi orang tua dianjurkan untuk memberikan nama yang memiliki arti baik. Arti nama seseorang itu mengandung doa, bila ada orang tua memberikan nama yang bagus, maka sifat dan pribadi anaknya pun juga akan bagus.

Tips Memilih Nama Anak Secara Islami yang Wajib Anda Lakukan

Umat Islam sangat menganjurkan bagi para orang tua menamai anaknya dengan nama yang baik. Panggilan anak pun juga harus diperhatikan karena nantinya akan mempengaruhi akhlak sang anak itu sendiri. Tidak harus menamainya dengan nama-nama nabi atau tokoh islam lainnya tetapi arti yang terkandung di dalamnya harus memiliki arti yang bagus supaya anak-anak terhindarkan dari hal negatif. Berikut ini ada beberapa tips memilih nama anak secara islami yang wajib Anda lakukan, antara lain sebagai berikut:

  1. Memahami arti dari nama yang dipilih

Orang tua biasanya menamai anaknya dengan nama yang sudah mereka pilih dan dianggap bagus. Tetapi Anda tidak boleh asal-asalan pasalnya sekarang ini menamai anak dengan nama Arab marak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Padahal bahasa Arab sendiri bukanlah bahasa yang islami dan apabila menggunakannya maka bukan berarti sudah menunaikan syariat agama. Bila menamai anak dengan nama Arab, maka Anda harus tahu dan paham arti nama yang dipilih karena tidak semua kata yang berasal dari Arab itu memiliki makna yang positif, ada negatifnya juga. Jadi kesimpulannya, memahami arti dari nama yang dipilih itu menjadi hal yang pertama harus dilakukan oleh para orang tua.

  1. Menyesuaikan dengan jenis kelamin anak

Memilih nama yang baik tidak boleh dipaksakan, maksudnya? Bila Anda menemukan arti yang baik dari sebuah nama, Anda harus memberikannya kepada anak yang tepat apakah dia perempuan atau laki-laki. Jangan sampai Anda salah menamai anak perempuan dengan nama laki-laki karena menurut Anda nama itu memiliki arti baik. Tentu arti nama itu berbeda-beda bila diberikan kepada anak perempuan atau laki-laki. Jadi, Anda harus menyesuaikan dengan jenis kelamin anak terlebih dahulu dan jangan sampai keliru.

  1. Didalam nama ada doa yang terselip

Memberikan anak dengan nama yang baik itu memang dianjurkan bagi setiap orang tua. Terlebih lagi bagi umat muslim, menamai anaknya dengan nama baik maka ada doa di dalamnya. Doa orang tua yang terselip di dalam nama anaknya akan memberikan kebahagiaan, kemuliaan, kesalehan dan ketaatan bagi sang anak sendiri maupun orang tuanya. Jadi Anda harus benar-benar menamai anak dengan arti dan doa yang bagus supaya mereka mendapatkan apa yang Anda harapkan.

Zaman dahulu para orang tua menamai anaknya dengan nama asal-asalan. Mereka tidak tahu jika di dalam nama ternyata mengandung sebuah doa dan makna. Kebanyakan para orang tua zaman dahulu menamai anaknya dengan nama yang mudah dikenal, diucapkan dan diingat. Tak heran jika nama orang zaman dahulu itu hampir mirip dan biasanya pendek. Berbeda dengan sekarang, masyarakat sudah pintar dan mereka menamai anaknya dengan berbagai panggilan. Kebanyakan sekarang ini para orang tua menamai anaknya dengan nama modern dan islami. Khusus untuk muslim, Anda jangan asal memberikan nama Arab pada anak-anak karena tidak semua bahasa Arab itu memiliki makna yang baik. Selalu pahami artinya karena nama adalah doa.