Setelah menikah setiap pasangan suami istri pastilah sangat menantikan kedatangan buah hati. Dalam hal ini, mungkin Anda bisa mengikuti beberapa tips agar bisa cepat hamil setelah haid. Cara tersebut bisa dicoba terutama ketika Anda sedang merencanakan kehamilan. Hal ini perlu diketahui karena pada dasarnya setelah haid akan terjadi proses ovulasi. Saat terjadi proses ovulasi, sel telur akan dilepaskan oleh ovarium ke tuba fallopi lalu dibuahi oleh sperma. Proses ini hanya akan terjadi saat Anda sedang mengalami masa subur setelah haid pada beberapa hari tertentu saja. Oleh karena itu, mengetahui cara supaya bisa cepat hamil setelah Anda selesai haid sangatlah penting.

Cara Mudah untuk Mencapai Kehamilan dalam Waktu Dekat

  • Hitung siklus haid dan masa subur Anda sendiri

Tips yang pertama adalah Anda harus mengenali siklus haid Anda. Dengan begitu, Anda dapat menghitung masa subur setelah haid selesai. Siklus haid sendiri merupakan rentang jumlah hari sejak haid hari pertama sampai hari pertama lagi pada haid berikutnya. Kapan Anda mengalami ovulasi bisa diketahui melalui penghitungan siklus tersebut. Anda baru bisa menghitung masa subur setelah mengetahui siklus haid terpanjang dan terpendek yang Anda alami. Ada rumus sederhana yang bisa digunakan untuk menghitungnya masing-masing untuk siklus terpendek dan siklus terpanjang. Berhubungan pada masa subur memiliki kemungkinan hamil yang lebih tinggi.

  • Ketahui munculnya lendir serviks

Lendir serviks yang keluar setelah haid bisa digunakan sebagai penanda masa subur untuk bisa cepat hamil. Cairan ini bisa mengalami perubahan warna dan tekstur. Banyaknya jumlah cairan yang keluar juga tergantung tingkat hormon Anda. Untuk mengetahui lendir serviks ini Anda bisa menggunakan jari atau tisu. Ketika lendir serviks setelah haid sangat sedikit atau bertekstur lengket dan tampak keruh, maka ini bukan saat yang tepat untuk kehamilan. Namun, apabila lendir yang muncul memiliki tekstur licin, lebih jernih seperti putih telur, dan makin banyak, ini menandakan bahwa Anda akan segera memasuki masa subur.

  • Konsumsi asam folat

Tips berikutnya agar cepat hamil setelah haid adalah dengan mengonsumsi asam folat. Jenis asam ini memiliki peran yang besar untuk membantu Anda cepat memiliki buah hati. Bagi wanita, asam folat mampu menguatkan sel-sel telur untuk dapat berovulasi, lalu dibuahi sperma dengan baik. Sedangkan bagi pria, penting pula untuk mengonsumsi asam folat. Ia dapat meningkatkan kuantitas serta kualitas sperma untuk membuahi sel telur.

  • Miliki berat badan yang ideal

Memiliki berat badan yang ideal ketika merencanakan agar cepat hamil sangatlah dianjurkan. Banyak pula penelitian terkait hal ini yang menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih atau mengalami obesitas berpotensi sulit untuk mencapai sebuah kehamilan. Berat badan yang dianjurkan adalah Anda tidak terlalu kurus, tidak pula terlalu gemuk.

  • Hindari olahraga yang berlebihan dan jangan stress

Meskipun Anda ingin menjaga berat badan saat hamil, tidak disarankan bagi wanita yang ingin cepat hamil untuk melakukan olahraga yang berlebihan. Begitu pula jika Anda memang hobi olahraga, kurangilah frekuensi olahraga tersebut saat merencanakan kehamilan dalam waktu dekat. Ada sebuah hasil studi yang menyatakan bahwa wanita yang sering berolahraga berlebihan bisa rusak kesuburannya. Lebih baik berolahraga secara normal saja atau bahkan ringan seperti berjalan cepat sebanyak 4 kali seminggu selama 30 menit. Tak hanya itu, Anda juga perlu mengontrol tingkat stress, sebab stress bisa mengganggu kemampuan ovum untuk berovulasi.

Dengan demikian, apabila Anda benar-benar ingin cepat hamil dan sedang merencanakannya dalam waktu dekat, tidak ada salahnya mengikuti beberapa tips yang telah disebutkan di atas. Selalu jaga kesehatan Anda agar bisa mencapai sebuah kehamilan dengan sukses bersama pasangan. Dan berikut Tips Memilih Nama Anak Secara Islami untuk menjadi referensi anda.