Sahabat Ranti, sering kali kita merasa putus asa karena tidak bisa menggapai apa yang kita inginkan. Padahal, jika dipikir-pikir lagi tidak henti-hentinya kita berusaha dan berdoa dan nyatanya apa yang kita perjuangkan terasa sia-sia. Karena hal ini, tidak jarang terkadang kita merasa berburuk sangka kepada Allah S.W.T dengan berangapan Dia tidak adil. Lalu bolehkah kita bersikap seperti itu? Sebelum kita berpikir ke sana, tidakkah kita melihat ada hal yang salah sehingga doa tidak pernah sampai? Melihat dari ajaran Rasullulah, berdoa kepada Allah S.W.T adalah cara kita berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Kita bayangkan saja, saat kita berbicara dengan orang yang lebih tua kita menaruh sikap hormat dengan adap bertutur yang baik. Lalu, bagaimana saat kita berdoa kepada Sang Khalik? Tentu saja harus dengan cara yang baik agar Dia mensegerakan hajat hamba-Nya, dan tentunya ada cara agar doa cepat dikabulkan.

Cara Agar Doa Cepat Dikabulkan Oleh Allah

Selalu Yakin Dan Bersungguh-sungguh

Pernah tidak mendengarkan kalimat “Tuhan bertindak seperti yang kita sangkakan”? Kalimat ini setidaknya ada kebenaran bahwa Allah akan bertindak seperti prasangka kita. Ketika kita tidak pernah yakin Allah sedang mempersiapkan yang terbaik untuk hamba-Nya, tentu saja Allah akan melakukan hal yang sama. Bagaimana bisa kita berburuk sangka pada Sang Maha Pengasih dengan tidak memiliki keyakinan Ia akan mengabulkan doa hamba-Nya? Ketika kita ragu, tentu kita hanya setengah hati saat berdoa. Bahkan Rasullullah pun pernah bersabda, “Berdoalah kepada Allah, sedangkan kalian yakin akan dikabulkan doa kalian. Ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai,” (HR. Ahmad).

Berdoa Dalam Keadaan Suci

Ibarat kita bertemu dengan kekasih, kita pasti akan berpakaian rapi dan bersih. Lalu kenapa saat berdoa kita tidak melakukan hal yang sama? Allah menyukai hamba-Nya yang berniat tulus bertemu dengan-Nya. Apa lagi saat keadaan kita sedang suci. Namun jika memang hal ini tidak mungkin, tidak mengapa kita berdoa asalkan hati kita juga suci. Suci dari hal-hal buruk seperti kebencian, iri atau dengki. Disamping itu, cara agar doa cepat dikabulkan yang paling ampuh adalah dengan hati yang ikhlas. Hal ini pun juga dijelaskan di dalam Al-Bayyinah ayat ke-50. Mengawali doa dengan memberikan pujian dan salawat Nabi SAW sepatutnya juga dilakukan.

Tidak Mendoakan Buruk Orang Lain

Allah melarang umatnya berdoa buruk atau mengutuk orang lain. Ini artinya hati kita sedang dikelilingi kegelapan dan kotor. Ikhlaskan apa yang pernah membuat kita tersakiti dan memaafkan orang lain. Hal ini juga selalu diajarkan dan dicontohkan Rasullullah. Selain itu, sebaiknya kita juga tidak memutus silahturahmi betapa pun kita pernah mengalami pertengkaran. Bukankah dengan banyak orang baik di sekelilng kita semakin banyak yang ikut mendoakan baik? Selain itu, dianjurkan agar mendoakan orang lain setelah mendoakan diri sendiri.

Upayakan Agar Menghadap Kiblat

Meskipun Allah sebenarnya memahami apa yang menjadi keluhan kita, kenapa tidak diungkapkan dengan cara yang manis? Adap berdoa kepada Allah dianjurkan menghadap kiblat dengan menengadahkan tangan, merendahkan suara dan memuji-Nya. Mari kita pahami juga Bagaimana Hukumnya Memakai Hijab Syari Menurut Islam.

Selalu Berada Di Jalan-Nya

Kita ibaratkan lagi diri kita yang memiliki seorang istri/suami. Bersanding dengan orang tersayang sudah pasti apa yang kita inginkan akan dipenuhi. Bagaimana jika kita salah satu yang disayang oleh Allah? Tentunya apa yang kita panjatkan akan dikabulkan. Cara agar doa cepat dikabulkan yang ini wajib dilakukan oleh semua umat, dengan menjalani apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi larangan-Nya. Ibaratnya, sebagai seorang hamba yang ingin menjadi kekasih Allah, kita harus pintar mengambil hati.