Berumah tangga bukan hanya sekedar membangun kehidupan bersama pasangan namun juga membangun jembatan komunikasi diantara dua individu yang berbeda karakter. Sebagai seorang istri, memiliki suami yang penyayang dan pengertian tentunya menjadi dambaan. Namun, ada kalanya komunikasi tidak berjalan lancar sehingga karena masalah sederhana suami menjadi marah. Cara mengatasi suami marah sebenarnya tidaklah sulit selama Anda dapat mengetahui penyebab marahnya dan apa yang membuat dia melunak. Berikut ini adalah tips sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi suami yang sedang marah.
Cara Mengatasi Suami Marah
1. Bersikap Tenang
Ketika suami sedang marah, jangan menyikapinya dengan nada bicara yang tinggi, sikap yang dingin, apalagi melawan. Biarkan suami melampiaskan kemarahannya sejenak dan Anda hanya perlu mendengarkannya dengan tenang. Jika suami marah dalam keadaan berdiri, mintalah ia untuk duduk.

2. Buatkan Minuman Hangat
Saat dia sudah menyelesaikan “omelannya”, buatkan minuman hangat. Minuman hangat bisa membantu meredakan amaranya dan menenangkan pikirannya lebih cepat, terlebih jika Anda menyajikannya dengan sikap yang hangat pula.

3. Meminta Maaf
Cara mengatasi suami marah selanjutnya adalah dengan meminta maaf. Jika suami marah karena kesalahan Anda, jangan segan untuk meminta maaf. Meminta maaf adalah kunci komunikasi antara suami-istri. Meskipun Anda tidak merasa bersalah, jangan segan untuk meminta maaf. Terkadang, suami memiliki ego lebih tinggi. Yang ingin ia dengar hanyalah permintaan maaf dari Anda.

4. Ajak Berbicara Dari Hati ke Hati
Katakanlah dengan lembut dan nada bicara rendah bahwa Anda ingin ia tidak marah lagi seperti tadi. Meskipun nantinya suami Anda mungkin akan mengulangi kemarahannya lagi karena suatu hal, tetap perlakukan ia dengan baik dan ulangilah cara-cara di atas. Katakan padanya untuk tidak marah lagi kepada Anda.

5. Memanjakan Suami
Sikap istri yang memanjakan suami menjadi senjata ampuh untuk melunakkan hati suami. Semarah apapun ia, jangan segan untuk memanjakan dirinya seperti memasakkan makanan kesukaannya, memijat saat pulang dari bekerja, menyiapkan pakaian yang nyaman dan sebagainya.

Jika Anda mampu menerapkan cara mengatasi suami marah di atas, hubungan komunikasi Anda dengan suami pasti akan selalu harmonis. Jangan biarkan kemarahan suami menjadi celah yang dapat membuat pernikahan Anda tidak harmonis.