Bunda, pernahkah merasa kebingungan pada saat menghadapi anak yang sedang mogok makan? pasti bunda terkadang merasa cemas ya, karena khawatir akan asupan gizi yang kurang bagi sang anak, namun mulai sekarang Bunda tidak perlu khawatir lagi, beberapa tips dibawah ini adalah cara jitu menyiasati anak susah makan yang bisa membantu Bunda agar sikecil bisa kembali nafsu makan.

Dalam menghadapi anak yang susah makan hal terpenting yang harus Bunda lakukan adalah sabar dan tidak khawatir berlebihan, Bunda cukup pantau tumbuh kembang anak saja, asal tumbuh kembangnya susah sesuai dengan usianya maka tidak ada hal serius yang perlu dicemaskan, berikut cara jitu menyiasati anak susah makan:

  1. Membuat daftar catatan asupan makan anak sehari hari

Jika kebetulan Bunda adalah serang wanita karir yang tidak bisa selalu mendampingi anak saat makan, maka Bunda perlu menanyakan pada orang sekitar tentang makanan apa saja yang sudah dimakan oleh anak, anak juga sama seperti kita dia memiliki rasa lapar, dan bisa jadi bila anak tidak mau makan karena dia sudah memakan makanan lain seperti cemilan atau susu, jadi jika Bunda ingin anak banyak makan batasi pemberian makanan tambahan seperti cemilan, dan batasi juga pemberian susunya.

  1. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Jangan isi kegiatan makan dengan marah-marah dan pertengkaran hanya karena anak tidak mau makan, buatlah suasana menjai tenang dan menyenangkan, bisa sambil ajak anak ngobrol, bernyanyi, dan lainnya yang penting kegiatan tambahan itu tidak menggangu kegiatan makannya.

  1. Sediakan variasi pilihan menu makan

Cobalah untuk membuat beberapa alternatif makanan untuk sikecil, bila menu pertama ditolak coba tawarkan untuk memakan menu lainnya, terkadang anak akan merasa bosan boila menu yang dibuat itu-itu saja.

  1. Membuat makanan yang tinggi kalori

Perlu Bunda ketahui bahwa ada banyak cara jitu menyiasati anak susah makan, membuat makanan yang tinggi kalori adalah salah satunya, jika anak menolah makan nasi, berikan asupan lain yang bisa dikombinasikan dengan keju, selai kacang, atau kacang-kacangan. Asalkan kebutuhan jumalah kalorinya tercukupi setiap hari, tidak makan nasipun tidak jadi masalah bagi anak.

Demikian cara jitu menyiasati anak susah makan, selain cara diatas tentunya masih banyak lagi cara lainnya yang bisa Bunda gunaklan agar anak tetap mau makan.